Pembelajaran klinik keperawatan adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam tatanan nyata. Sedangkan pengalaman belajar klinik adalah suatu bentuk pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik melalui kesempatan melatih diri dalam melaksanankan praktek keperawatan profesional dalam tatanan nyata.
Pembelajaran klinik menjadi pengalaman penting bagi mahasiswa keperawatan. Pembelajaran klinik menyediakan media pembelajaran untuk mencapai penguasaan keterampilan professional, berfikir kritis, pengetahuan mengenai kondisi nyata pasien yang akan berguna sebagai latihan pengambilan keputusan klinik seorang perawat. Mahasiswa perlu dipersiapkan dengan baik mulai dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap agar dapat menjalani tahap pembelajaran profesi dengan baik dan mencapai target yang diharapkan.

Tujuan penyelenggaraan pembekalan umum ini adalah untuk Menyiapkan mahasiswa untuk menempuh pendidikan klinik profesi ners, Meningkatkan kesiapan dan keyakinan diri mahasiswa untuk menempuh pendidikan klinik profesi ners, Meningkatkan kemampuan mahasiswa sebagai bagian dari pelayanan di lahan praktik.

Ujian skill Lab dilaksanakan tanggal 27 September – 1 Oktober 2022 di ruang skill laboratorium Universitas Aisyiyah Yogyakarta.