Praktik klinik merupakan kesempatan kepada semua mahasiswa untuk menerjemahkan pengetahuan teoritis ke dalam tindakan yang sesungguhnya. Praktik klinik harus dimanfaatkan dengan baik sehingga mahasiswa memiliki kemampuan untuk berhubungan langsung ke dalam masalah nyata tersebut. Lingkungan belajar klinik yang kondusif merupakan wadah atau tempat yang dinamis tempat dengan sumberdaya yang dinamis bagi para mahasiswa, lingkungan klinik yang dipilih penting untuk mencapaiobjektif dan tujuan praktek klinik dalam sebuah program pendidikan keperawatan anestes

Di Era pandemi ini mahasiswa dihadapkan pada tantangan baru dimana mahasiswa harus menghadapi covid-19 di rumah sakit. Prinsip penegahan protokol kesehatan harus diterapkan supaya mahasiswa terhindar dari covid-19. Mahasiswa perlu diberikan pembekalan demi tercapainya kualitas pelayanan pasien dan keselamatan bagi diri sendiri dan pasien. Oleh karena itu diperlukan rangkaian kegiatan pada mahasiswa yang pertama kali akan memasuki praktik klinik di rumah sakit, yaitu ucap janji, pembekalan pra klinik materi dan bimbingan keterampilan. Pembekalan pra klinik oleh pakar dengan berbagai materi meliputi, patient safety, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Bantuan Hidup Dasar (BHD), Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), komunikasi efektif, dan etika.

Tujuan umum kegiatan ini adalah untuk membekali mahasiswa semester IV yang pertama kali akan memasuki praktik klinik di rumah sakit melalui kegiatan ucap janji, pembekalan pra klinik materi dan bimbingan keterampilan.